KARTU TENAGA KERJA LUAR NEGARA (KTKLN)

on Monday, September 22, 2008

Dear Valued Clients, Friends and Guests, salam to all

KTKLN is highly recommended to all housemaid going out to work overseas. Those of you who wish to do direct dealing with Indonesian agents in Indonesia, please ask for this KTKLN. Here's the written rules by the Indonesian Government.

1) Undang-Undang RI Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri, pada Pasal 26 ayat (2), huruf f “TKI yang ditempatkan wajib memiliki KTKLN” dan Pasal 62 ayat (1) “Setiap TKI yang ditempatkan di luar negeri, wajib memiliki dokumen KTKLN yang dikeluarkan oleh Pemerintah”;

2) Instruksi Presiden RI Nomor 06 Tahun 2006 tentang Kebijakan Reformasi Sistem Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri. Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN) adalah kartu identitas bagi TKI yang memenuhi persyaratan dan prosedur untuk bekerja di luar negeri, dibuat dalam bentuk smartcard contactless yang memuat data identitas TKI, foto, sidik jari (dua jari, kiri-kanan), PPTKIS, mitra kerja, pengguna TKI, paspor, asuransi, uji kesehatan, sertifikat pelatihan, sertifikat uji kompetensi, perjanjian kerja, jenis pekerjaan, negara penempatan, masa berlaku, tempat penerbitan, tanggal berangkat dan embarkasi/debarkasi ..


Selasa, 16 September 2008

KTKLN, Kartu Multi Manfaat Untuk TKI

(Kudus, BNP2TKI) Pemerintah selangkah lagi lebih maju dalam menciptakan instrumen pengamanan dalam penempatan TKI, yaitu dengan dikeluarkannya Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN), yang berbentuk seperti seperti kartu kredit.
“Dalam kartu ini tersimpan microchip yang menyimpan database TKI, seperti asuransi, nama PPTKIS, daerah asal TKI, masa kontrak kerja di luar negeri, dan data segudang lainnya,” jelas Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat dalam acara buka puasa bersama dengan keluarga besar PT Pura Baru Utama, di Kudus, Jateng, Senin (15/9).

Menurut Jumhur, KTKLN ini lebih canggih dari Kartu Tanda Penduduk (KTP) namun fungsinya masih bisa dikembangkan lebih banyak, dengan bekerjasama dengan pihak ketiga seperti perbankan, asuransi, penerbangan, dan lainnya.

“Jadi kalau Anda mau jadi TKI, apakah TKI mandiri, TKI informal atau TKI formal, miliki segera KTKLN. Kartu ini gratis namun punya multi manfat buat di dalam negeri maupun di luar negeri,” ucap Kepala BNP2TKI itu. (zul)
Salam Ramadhan
WSC

0 comments:

MUSLIM housemaid for MUSLIM household only...

.